Tempat mana yang paling berhubungan dengan kata Bondowoso

Toko Bondowoso Online

Silahkan PIlih Barangnya

Tim Labfor Ambil Enam Sampel Kebakaran di Pertokoan Pecinan RE Martadinata

08 April, 2010


BONDOWOSO - Lima anggota Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim, kemarin kembali ke Surabaya selesai melaksanakan tugasnya di Bondowoso. Setelah dua hari menyelidiki TKP (tempat kejadian perkara) dan mengumpulkan data dari para saksi, tim labfor pimpinan AKBP Didik membawa pulang enam sampel benda yang terbakar di lokasi kebakaran tujuh toko yang memiliki sepuluh rumah toko (ruko) di Jalan RE Martadinata Bondowoso.

Enam sampel itu semuanya diambil tim labfor di Toko Balita Jaya yang menjadi penyebab awal terjadinya kebakaran tujuh toko pada Sabtu (3/4) malam. Keenam sampel itu adalah abu arang yang diduga sisa kebakaran pertama, kabel instalasi penerangan lampu, klem penjepit kabel listrik, kotak kontak saklar listrik input output, komputer yang terbakar, dan satu unit alarm untuk menakut-nakuti tikus.

"Enam sampel itu diteliti untuk memastikan penyebab kebakaran," kata Kaur Bin Ops I Reskrim Ipda Agung Sugiarto, di ruang Kasatreskrim Polres Bondowoso kemarin siang.

Meski begitu, Agung tidak bisa memastikan jangka waktu tim labfor meneliti sampel sisa kebakaran. Namun, dia mengatakan, tim labfor akan segera memberitahu penyidik Polres Bondowoso begitu selesai meneliti sampel sisa kebakaran toko yang dibawa ke Surabaya. "Kami berharap enam sampel itu dapat mengetahui sebenarnya penyebab kebakaran tujuh toko yang menelan kerugian mencapai Rp 6 miliar," jelasnya.

Selain membawa enam sampel sisa kebakaran, tim labfor yang selama dua hari melakukan olah TKP, juga meminta keterangan para saksi langsung di sekitar lokasi kebakaran. Para saksi yang dimintai keterangan adalah sepuluh karyawan Toko Balita Jaya.

"Keterangan para saksi karyawan Toko Balita Jaya itu menjadi barang bukti tambahan tim labfor dalam proses penelitian sampel guna memastikan penyebab kebakaran," tutur Agung.

Tiga hari pasca kebakaran usai diselidiki tim labfor kemarin, tujuh toko yang hangus terbakar masih dibatasi garis polisi. Namun, pemilik toko dan masyarakat dapat melihat dari dekat dan masuk ke dalam toko terbakar karena tidak lagi dijaga ketat polisi.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran besar selama empat jam terjadi di kawasan pertokoan Pecinan Jalan Raya RE Martadinata Bondowoso Sabtu (3/4) malam pukul 21.00 hingga Minggu dini (4/4) pukul 02.00. Tujuh toko yang terdiri sepuluh rumah toko (ruko) hangus dilalap api.

Sumber api berasal dari Toko Balita Jaya. Akibat lambatnya petugas pemadam kebakaran (PMK) Bondowoso, menyebabkan api merembet membakar enam toko lain yang letaknya berdekatan dengan Toko Balita Jaya hingga kerugian ditaksir Rp 6 miliar. Enam toko yang terbakar adalah Toko Efrata, Pangestu, Jaya Rental, Madu Rasa, Madiun Jaya, dan Sumber Ilmu. (ido)







0 comments:

Post a Comment